Apa Itu Organisme dan Contohnya

Apa Itu Organisme dan Contohnya - Hallo Friend Aquascape DIY Design, Kali ini Aquascape lovers akan membahas Apa Itu Organisme dan Contohnya , Pembahasan Aquascape akan di ulas secara rinci cara menanam tanaman air dan perawatan Aquascape menyuburkan tanaman air alat aquascape DIY pembasmi Alga praktis ikan yang cocok untuk aquascape cara membuat alat DIY Aquascape dengan detail.

Aquascape Termahal : Apa Itu Organisme dan Contohnya
Aquascape Terbaik : Apa Itu Organisme dan Contohnya

lihat juga


Apa Itu Organisme dan Contohnya

Artikel Definisi,
Organisme menurut wikipedia adalah kumpulan molekul-molekul yang saling mempengaruhi sehingga berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup. Kalau dalam pengertian yang sederhana organisme adalah makhluk hidup yang tersusun dari satu atau banyak sel yang saling mempengaruhi sehingga memiliki fungsi untuk keberlangsungan kehidupan. 

Jadi kalau ada yang bertanya oganisme itu apa? Jawab aja oganisme adalah makhluk hidup yang tersusun dan satu atau banyak sel yang saling berhubungan sehingga mampu menunjang kehidupannya. Seperti yang kita tahu makhluk hidup di muka bumi ini adalah manusia, hewan, tanaman dan mikro organisme (bakteri, alga dll) kesemuanya adalah Organisme.

Tanaman adalah salah satu contoh organisme

Ciri-Ciri Organisme Secara Umum
1. Membutuhkan Nutisi/Makanan 
2. Bernafas
3. Bergerak
4. Tumbuh
5. Berkembang biak
6. Peka terhadap rangsang
7. Beradaptasi, serta terdapat susunan kimia
8. Mengeluarkan zat sisa 

Ciri-ciri diatas tidak semuanya berlaku untuk seluruh organisme, sebab ada oganisme yang tidak dapat melakukan salah satu ciri di atas misalkan bakteri tidak bernafas tetapi menggunakan jalur kimia lain, ada organisme yang tidak mampu begerak secara independen dan ada juga oganisme yang tidak dapat berkembang biak walaupun spesiesnya sama. 

Ngomong-ngomong soal makanan, seluruh organisme membutuhkan makanan untuk dapat hidup, tahukah Anda kalau kalau organisme itu di klasifikasikan menjadi dua berdasarkan bagaimana dia mempeoleh makanan, yaitu : 

Organisme Autotrof dan Contohnya
Organisme autotrof adalah organisme yang mampu membuat/menyediakan makanannya sendiri dari bahan anorganik yang tersedia di alam. Kalau menurut wikipedia nih organisme yang dapat mengubah bahan anorganik menjadi organik dengan bantuan energi seperti energi cahaya matahari dan kimia. Contohnya tumbuhan hijau dengan memanfaatkan Co2 dan sinar matahari melakukan fotosintesis sehingga dapat memperoleh makanan. 

Organisme Heterotrof dan Contohnya
Organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan makanannya, organisme ini bergantung pada organisme lain. Organisme heterotrof meliputi konsumen dan dekomposer. Pengetian menurut wikipedia adalah organisme yang membutuhkan senyawa organik di mana karbon diekstrak untuk pertumbuhannya. 

Organisme heterotrof dikenal sebagai "konsumer" atau tidak dapat membuat makanan sendiri dalam rantai makanan dan hanya bergantung pada yang lain. Sebagian besar makhuk heterotrof adalah parasit. Yang termasuk ke dalam heterotrof adalah semua hewan, jamur dan bakteri.

Hewan adalah Organisme heterotrof yang dibagi menjadi 3 jenis berdasakan jenis makananya, yaitu : 

Herbivora :  yaitu hewan pemakan tumbuhan. Contoh herbivora adalah kambing, sapi, kelalawar buah, belalang, rusa dan lainnya.

Karnivora : yaitu hewan pemakan daging. Contoh karnivora adalah kucing, hiu, harimau, serigala,  beruang, elang dan lain-lain.

Omnivora :  yaitu hewan pemakan segala, baik tumbuhan maupun daging. Contoh omnivora adalah tikus dan musang, ayam. 

Apakah manusia tergolong Omnivora, jawabannya bisa Anda tebak sendiri ya, demikian informasi yang membahas tentang apa itu organisme dan contohnya, saya sebagai penulis sangat yakin kalau tulisan ini masih perlu pembenahan, oleh sebab itu bagi pembaca yang memiliki saran dan kritikan yang membangun sekiranya berkomentar untuk meningkatkan kualitas artikel. Terimakasih dan semoga bermanfaat. 


Debat Tanaman mahal AquascapeApa Itu Organisme dan Contohnya

oke Aquascape DIY Apa Itu Organisme dan Contohnya , Semoga Flora dan Fauna Aquascape anda bisa adaptasi juga Exosistem berjalan pembuatan alat aquascape DIY sangat mahal jadi buatlah yang perlu saja blog ini 100 persen hasil copas jadi harus juga cari referensi Aquascape DIY yang lainnya macam macam contoh design aquascape.

Anda sedang belajar aquascape Apa Itu Organisme dan Contohnya dan artikel ini url permalinknya adalah http://aquascapehoby.blogspot.com/2017/12/apa-itu-organisme-dan-contohnya.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Organisme dan Contohnya "

Post a Comment