Definisi Tanaman

Definisi Tanaman - Hallo Friend Aquascape DIY Design, Kali ini Aquascape lovers akan membahas Definisi Tanaman, Pembahasan Aquascape akan di ulas secara rinci cara menanam tanaman air dan perawatan Aquascape menyuburkan tanaman air alat aquascape DIY pembasmi Alga praktis ikan yang cocok untuk aquascape cara membuat alat DIY Aquascape dengan detail.

Aquascape Termahal : Definisi Tanaman
Aquascape Terbaik : Definisi Tanaman

lihat juga


Definisi Tanaman

Artikel Definisi,
Tanaman adalah tumbuhan yang di budidayakan pada suatu media dan ruang  untuk diambil manfaat atau dipanen ketika sudah sampai tahap tertentu. Lalu apakah tumbuhan dan tanaman itu sama? Pada hakikatnya tanaman dan tumbuhan adalah sama, namun pengertian diantara keduanya dibedakan penggunaanya secara awam bahwa tanaman adalah tumbuhan yang sengaja ditanam sedangkan tumbuhan tumbuh secara alami dari permukaan bumi.

Tanaman teh dimanfaatkan daunnya untuk di jadikan bahan minuman

Tanaman Hias Atau Bunga
Bagaimana dengan tumbuhan bunga atau hias seperti anggrek, mawar, tulip, palem, puring dan lain-lain. Jenis tumbuhan ini tidak dipanen tetapi juga disebut tanaman jika diperuntukkan untuk estetika atau arsitektur lanskap. Sebenarnya kalau kita sederhanakan tanaman adalah semua jenis tumbuhan yang dapat diambil manfaat baik untuk obat-obatan, dikonsumsi, ataupun untuk keindahan 

Tanaman Terbagi Menjadi Beberapa Kelompok Berdasarkan Produknya

Serealia
Serealia dikenal juga sebagai sereal atau biji-bijian (bahasa Inggris: cereal) adalah sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen biji atau bulirnya sebagai sumber karbohidrat/pati. Kebanyakan serealia merupakan anggota dari suku padi-padian dan disebut sebagai serealia sejati. Anggota yang paling dikenal dan memiliki nilai ekonomi tinggi, sehingga dikenal sebagai serealia utama adalah padi, jagung, gandum, gandum durum, jelai, haver, dan gandum hitam.

Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan adalah tanaman yang menghasilkan biji yang berukuran relatif lebih besar dibandingkan serealia dan digunakan untuk bahan pangan bagi manusia dan hewan ternak. Kacang-kacangan umumnya didapatkan dari tanaman famili Fabaceae, contoh kacang hijau, kedelai, kacang tanah dll. Namun tanaman kacang-kacangan yang dipanen muda seperti kapri, buncis, dan edamame tidak disebut sebagai kacang-kacangan dalam definisi FAO.

Tanaman Buah (tanaman penghasil buah-buahan)
Tanaman buah adalah tanaman yang menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan hewan. Semua pohon berbunga menghasilkan buah, yang merupakan bagian dari putik bunga yang matang dan mengandung satu biji atau lebih. Dalam hortikultura, istilah pohon buah dibatasi pada pohon yang menghasilkan buah sebagai bahan pangan manusia.

Tanaman Sayuran (tanaman penghasil sayur-mayur)
Sayuran merupakan tanaman yang sebagian dari organnya dapat dimakan mentah maupun masak. Bagian organ tumbuhan yang dimaksud adalah yang selain buah dan biji-bijian matang. Definisi sayuran sebagian besar merupakan definisi secara kuliner dan budaya, sehingga akan ada sayuran yang dikategorikan lain berdasarkan botani.

Misal mentimun disebut sayuran secara kuliner, namun disebut buah secara botani. Jamur yang secara biologi bukan merupakan tumbuhan, secara budaya disebut sayuran. Sayuran seringkali diolah menjadi salad dan dimasak sebagai makanan dengan rasa gurih atau asin.

Berbeda dengan buah-buahan yang selalu disajikan dalam wujud rasa yang manis, namun hal ini bukanlah sebuah aturan yang berlaku secara universal. Umbi-umbian seperti kentang dan singkong di berbagai negara disebut dengan sayuran namun ada juga yang mengklasifikasikannya ke dalam makanan pokok bersama serealia

Tanaman Industri, penghasil bahan baku industri (pewarna, karet, dan sebagainya)
Tanaman industri adalah tanaman pertanian yang tidak dibudidayakan secara subsisten. Tanaman ini ditumbuhkan untuk menghasilkan keuntungan ketika dijual. Hasil tanaman ini dijual dalam bentuk komoditas dan terpisah dari hasil budi daya tanaman lainnya. Karena sifatnya yang dijual dalam bentuk komoditas skala besar, tanaman industri sangatlah rentan dengan perubahan harga di pasar dunia dan biaya distribusi

Tanaman Rempah (tanaman penghasil rempah-rempah)
Rempah-rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan sebagai pengawet atau perisa dalam masakan. Rempah-rempah biasanya dibedakan dengan tanaman lain yang digunakan untuk tujuan yang mirip, seperti tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering.

Tanaman Umbi-Umbian (tanaman penghasil umbi yang dapat dimakan)
Tanaman umbi adalah tanaman yang sebagian organnya mengalami perubahan ukuran dan bentuk ("pembengkakan") sebagai akibat perubahan fungsinya. Perubahan ini berakibat pula pada perubahan anatominya. Organ yang membentuk umbi terutama batang, akar, atau modifikasinya. Hanya sedikit kelompok tumbuhan yang membentuk umbi dengan melibatkan daunnya.

Umbi biasanya terbentuk tepat di bawah permukaan tanah, meskipun dapat pula terbentuk jauh di dalam maupun di atas permukaan.

Tanaman Serat (tanaman untuk menghasilkan serat yang digunakan untuk keperluan tertentu, seperti pembuatan tekstil dan kertas)
Adalah tanaman yang sebagian organnya di ambil untuk kebutuhan serat industri, maksud dalam kajian ini bukan serat yang bergunaa untuk pelancaran penceranaan tetapi serat yang digunakan untuk keperluan industri seperti tali/tambang yang terbuat dari serat tanaman, tanaman kapas untuk tekstil dan lain-lain.

Tanaman Obat-Obatan (tanaman untuk keperluan obat-obatan)
adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan

Tanaman Penghasil Minyak Atsiri
Minyak atsiri, atau dikenal juga sebagai minyak eterik (aetheric oil), minyak esensial (essential oil), minyak terbang (volatile oil), serta minyak aromatik (aromatic oil), adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas.

Tanaman Estetika
Tanaman yang di peruntukkan untuk keindahan seperti pembuatan taman dan tata kota. Contoh tanaman estetika adalah mawar, puring, melati, anggrek dan lain-lain.

Minyak atsiri merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami. Di dalam perdagangan, hasil sulingan (destilasi) minyak atsiri dikenal sebagai bibit minyak wangi.

Demikian sedikit ulasan mengenai apa itu tanaman beserta ke lompoknya, saya yakin tulisan ini masih banyak kekurangan, jadi saya terbuka jika ada kritikan dan masukkan yang membangun guna untuk memperbaiki artikel ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. 


Debat Tanaman mahal AquascapeDefinisi Tanaman

oke Aquascape DIY Definisi Tanaman, Semoga Flora dan Fauna Aquascape anda bisa adaptasi juga Exosistem berjalan pembuatan alat aquascape DIY sangat mahal jadi buatlah yang perlu saja blog ini 100 persen hasil copas jadi harus juga cari referensi Aquascape DIY yang lainnya macam macam contoh design aquascape.

Anda sedang belajar aquascape Definisi Tanaman dan artikel ini url permalinknya adalah http://aquascapehoby.blogspot.com/2017/12/definisi-tanaman.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Tanaman"

Post a Comment